Rabu, 16 Februari 2011

Sejarah Perkembangan Komputer

Sekarang ini kita hampir tidak bisa melepaskan diri dari suatu peralatan teknologi yangbernama komputer. hampir dimanapun kita berada, kita dapat menemukannya. Tetapi, tahukah kamu tentang sejarah perkembangan komputer ?
          Komputer berasal dari kata to compute yang berarti menghitung. Jika kita mempelajari sejarah perkembangan komputer, maka kita tidak bisa lepas dari sejarah perkembangan alat hitung. hal ini karena pada prinsipnya komputer itu sama saja dengan alat hitung.
          Sejarah perkembangan komputer berawal dari dikenalnya suatu alat hitung sederhana yang disebut sempoa ( abacus ). Selanjutnya, pada tahun 1917 John Napier menemukan cara berhitung dengan menggunakan bael bujur sangkar yang terdiri dari 9x9 kolom yang masing - masing berisikan angka 1 sampai 9 yang dikenal dengan nama tulang - tulang Napier (Napier's Bones). Di tahun 1621 ditemukan Slide  rule yang merupakan arah maju pada alat hitung yang bersifat mekanis.
          Blaise Pascal, seorang ahli matematika menciptakan sebuah calculator roda numerik untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak. Kotak persegi kuning inilah yang disebut Pascaline.
          Sebenarnya awal mua komputer dibentuk oleh seorang profesor matematika inggris,Charles Babage. Babage membuat mesin diferensial yang digunakan untuk melakukan perhitungan persamaan diferensial. Di tahun  1944, Howard Aiken dari Harvard University yang bekerjasama dengan Internasional Business Macchine (IBM), berhasil membuat sebuah mesin komputer yang mampu melaksanakan oprasi aritmatika secara otomatis. Mesin ini dinamakan Mark 1 dan dapat dikatakan komputer pertama yang diciptakan manusia

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Terimakasih min sangat membantu sekali dan menambahkan wawasan pengetahuan saya

Unknown mengatakan...

Terimaksih min infonya jadi menambah wawasan pengetahuan saya.
salam kenal saya Siti Hatijah dari ISB Atma Luhur

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 Alfian Blog | Design : Noyod.Com