Rabu, 16 Februari 2011

Dampak Negatif Komputer Terhadap Kesehatan (Kelas 7)

Komputer merupakan perangkat teknologi informasi dan komunikasi yang banyak mendatangkan manfaat bagi penggunanya, karena terdapat nilai-nilai efisiensi dan efektivitas yang akan diperoleh. Namun di sisi lain, terdapat asfek yang membahayakan yang perlu kita antipasi. oleh karena itu kita perlu memperhatikan kesehatan kerja selama penggunaan komputer tersebut. Meski kesehatan kerja dipengaruhi oleh banyak faktor, tetapi bagi orang yang memiliki intensitas pemakaian komputer tinggi, komputer menjadi faktor penyebab gangguan kesehatan yang paling tinggi.
          Karateristik gangguan kesehatan itu cenderung pada gangguan atau cedera tingkat rendah yang muncul lambat laun setelah menggunakan komputer secara salah dalam periode yang lama dan berulang (repetitif). Walaupun muncul secara lambat dan bertahap, hasil akhir tetap sama berupa gangguan kesehatan yang serius seperti gangguan saraf, gangguan penglihatan, cedera otot dan pergelangan, dan sebagainya. 
          Secara garis besar gangguan kesehatan akibat pemakaian komputer yang salah dapat dikelompokan menjadi 3, yaitu :
  1. Gangguan pada bagian mata dan kepala.
  2. Gangguan pada lengan dan tangan.
  3. Gangguan pada leher, pundak, dan punggung
          Gangguan pada bagian mata dan kepala kita sering disebut dengan computer vision syndrome, mulai dari nyeri atau sakit kepala, mata kering dan iritasi, mata lelah, hingga gangguan yang lebih serius dan lebih permanen seperti kemampuan fokus mata menjadi lemah, penglihatan kabur (astigmatisma, miopi, presbiopi), pandangan ganda, hingga disorientasi warna.
          Gangguan pada bagian lengan dan telapak tangan mulai dari nyeri pada pergelangan tangan hingga cedera yang lebih serius seperti carval tunnel syndrome, yaitu terjepitnya saraf dibagian pergelangan yang menyebabkan nyeri disekujur tangan.
Kelompok gangguan lainnya berupa nyeri pada bagian leher pundak, punggung dan pinggang. Nyeri dibagian ini sering pula mengakibatkan gangguan nyeri dibagian paha dan betis.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 Alfian Blog | Design : Noyod.Com