Rabu, 16 Februari 2011

Hardware Penyimpanan (Kelas 7)

Media penyimpanan  adalah  tempat menyimpan hasil  input. Dalam perkembangannya media penyimpanan memiliki kekurangan dan kelebihan masingmasing tergantung dari kapasitas penyimpanan,kecepatan akses, mobilitas, kemampuan menulis dan membaca data serta harga yang ditawarkan. Pada bagian ini kita akan membahas tentang berbagai media penyimpanan dan satuan ukuran kapasitas media penyimpanan.

1. hard disk
          Hard disk adalah media penyimpanan dengan kapasitas penyimpanan mulai dari ratusan megabyte hingga ratusan gigabyte dan akan terus bertambah sesuai dengan kemajuan teknologi komputer. Kecepatan putaran ketika membaca dan menuliskan data menentukan kecepatan akses data ke hard disk, oleh sebab itu akses data ke hard disk adalah yang tercepat dibandingkan media penyimpanan yang lain. Hard disk adalah media penyimpanan yang terbuat dari magnetik disk.
          Hard disk didisain untuk menyimpan data dalam jumlah besar. Letak hard disk ada di dalam cpu. Media penyimpanan ini memerlukan arus listrik sehingga dapatdilihat di dalam cpu bahwa hard disk dihubungkan oleh power supply. 

          Data dalam hard disk diletakkan pada piringan magnetik pada lingkaranlingkaran yang disebut dengan track. Tiap track dibagi dalam beberapa segment yang dikenal sebagai sector. Untuk melakukan operasi baca tulis data dari dan ke piringan, harddisk menggunakan head untuk melakukannya, yang berada disetiap piringan. Head inilah yang selanjut bergerak mencari sector-sector tertentu untuk dilakukan operasi terhadapnya. Waktu yang diperlukan untuk mencari sector disebut seek time. Setelah menemukan sector yang diinginkan, maka head akan berputar untuk mencari track. Waktu yang diperlukan untuk mencari track ini dinamakan latency.
          Dilihat dari koneksinya, hard disk ada dua macam. Yakni hard disk SATA dan hard disk IDE. Secara fisik, hard disk sata dan ide tidak begitu kentara. Namun masing-masing menggunakan jenis kabel yang 
          Hard disk memiliki kecepatan putar. Pada awalnya hard disk memiliki kecepatan sekitar 3600 RPM (rotate per minute). Dengan semakin berkembangnya teknologi, kecepatan putar ditingkatkan menjadi 4500 RPM dan 5400 RPM. Karena kebutuhan media penyimpan yang mempunyai kemampuan tinggi dibuatlah dengan kecepatan 7200 RPM. 
          Selain memiliki kecepatan, hard disk memiliki daya tampung yang cukup besar. Biasanya seseorang akan memperhatikan daya tampung terlebih dahulu daripada kecepatan. Saat ini hard disk memiliki kapasitas 
yang bervariasi mulai dari 80 Gb, 120 Gb, 500 Gb bahkan kini sudah muncul hard disk dengan kapasitas 1 hingga 2  terabite. 
Hard disk

2. Compact disc (CD)
          Compact disc atau sering disebut dengan CD adalah piringan optikal yang digunakan sebagai media penyimpanan data. Compact disc dapat dibaca melalui media yang disebut dengan CD ROM atau DVD ROM. Pada awalnya compact disc digunakan sebagai media penyimpan audio. Namun seiring dengan perkembangan, media ini digunakan juga sebagai media penyimpan umum selain audio.
          Ukuran compact disc ada beberapa macam. Secara umum berdiameter 12 centimeter.  Untuk ukuran dibawahnya adalah 8 centimeter. Kapasitas compact disc 700 mb. Untuk ukuran sekarang, 700mb dapat dibilang kecil.
          Selain compact disc, ada juga DVD disc. Secara fisik sama karena memiliki ukuran yang sama. Namun jika dilihat dari kapasitas DVD memiliki daya tampung lebih banyak. Pada awalnya DVD digunakan untuk menyimpan video. Dilihat dari namanya DVD (digital video disc) sanggup menyimpan lebih dari tiga kalinya compact disc. DVD memiliki daya tampung antara 4 hingga 8 GB (DVD layar ganda).
          Perkembangan teknologi penyimpanan dalam bentuk cakram tidak berhenti pada DVD. Meski daya tampung DVD sudah besar, kini hadir dengan ukuran yang lebih tinggi lagi yang disebut dengan HD-DVD. Media cakram optik HD-DVD memang dirancang menggantikan DVD. Daya tampung yang dimuat hingga 30 Gigabyte. 
          Standar format HD-DVD dikembangkan oleh perusahaan Toshiba dan NEC. Namun format kapasitas besar ini memiliki tandingan yang disebut dengan Blue Ray. Format Blue Ray dikembangkan oleh perusahaan Sony
Compact disc

3. Disket
          Disket fungsinya sama dengan hard disk, hanya kapasitasnya menyimpan data sangat kecil, selain itu disket juga mempunyai akses data yang lambat, disket juga rentan terhadap kerusakan. Kapasitas disket saat ini adalah 1,44 MB dengan ukuran 3,5 inchi, dahulu kapasitas disket 1,2 MB untuk ukuran 5,25 inchi. Kelebihan disket dapat memindahkan data  dari satu komputer ke komputer tanpa terhubung dengan jaringan. Disket adalah media penyimpanan yang terbuat dari piringan magnetik.
          Penggunaan disket saat ini sudah jarang ditemui. Meskipun di beberapa tempat masih ada yang menggunakan. Hal ini disebabkan disket memiliki daya tampung yang sangat kecil untuk ukuran saat ini.
Disket

4. Flash disk
          Fungsi utama flash disk sebagai media penyimpanan data. Alat ini berukuran kecil dan sangat mudah dipindah-pindah. Untuk mengakses flashdisk ini cukup dengan menancapkan pada port usb dan secara otomatis sistem operasi contohnya Linux akan langsung mendeteksi.
          Pada awalnya flashdisk memiliki kapasitas 32 MB. Namun ukuran tersebut kini sudah dianggap kecil, karena sudah muncul flashdisk dengan daya tampung di atas 8 Gigabyte.
Flash disk

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 Alfian Blog | Design : Noyod.Com